Perusahaan baterai Catl, Samsung, SK, dan Panasonic, serta produsen kendaraan listrik Tesla, semuanya bersaing untuk produksi skala besar untuk memimpin pasar.Karena stagnan penjualan kendaraan listrik atau kekurangan kendaraan listrik yang berkelanjutan, produsen baterai semakin mengalihkan perhatian mereka ke baterai silindris generasi berikutnya dengan ukuran 4680.
Menurut analis dan orang dalam industri, yang disebut baterai 4680 dengan diameter 46 milimeter dan panjang 80 milimeter adalah pengubah permainan di industri baterai.
Dibandingkan dengan model 2170 tradisional, kepadatan energi baterai 4680 akan meningkat 5 kali, daya output akan meningkat 6 kali, dan rentang kendaraan listrik akan meningkat setidaknya 20%.
Meskipun paket lunak dan baterai prismatik adalah jenis baterai yang paling umum untuk banyak produsen kendaraan listrik, mengingat keunggulan baterai silindris 4680, beberapa produsen mobil termasuk BMW, General Motors, dan Stellantis secara bertahap mengadopsi baterai silinder 4680.
Perbedaan antara 2170 baterai dan baterai 4680 yang lebih baru
Tetapi ada juga beberapa tantangan.Tantangan terbesar mungkin menjadi tantangan teknologi produksi skala besar.Hampir semua produsen baterai utama, termasuk raksasa Korea Selatan LG New Energy, SK ON, dan Samsung SDI, berusaha untuk menghasilkan baterai secara massal, tetapi belum ada perusahaan yang mengklaim telah mencapai ini.
LG Rencana Energi Baru untuk Memulai Produksi Massal Dari Desember
Setelah China's Catl dan BYD, seorang pejabat dari LG New Energy, perusahaan baterai terbesar ketiga di dunia, mengatakan, "Jika produksi massal menjadi kenyataan, itu akan mengubah aturan permainan. Baterai 4680 adalah senjata yang dapat mengubah pasar pasardinamika
Awal tahun ini, CEO LG New Energy Kim Dong Myung mengumumkan bahwa perusahaan berencana untuk memulai produksi massal baterai silinder yang lebih besar untuk Tesla pada awal Agustus.
Eksekutif perusahaan sekarang telah menyatakan bahwa mereka berharap untuk memulai produksi massal 4680 baterai dari Desember, yang empat bulan lebih lambat dari yang direncanakan sebelumnya.Jika berhasil, LG New Energy akan menjadi perusahaan pertama di dunia yang melakukannya.
LG New Energy telah menyatakan bahwa mereka akan memberikan baterai baru untuk Tesla dan pelanggan lainnya.Masalah ini sangat penting karena menurut laporan, Tesla bekerja keras untuk mengembangkan 4680 baterai untuk kendaraan listriknya, tetapi memiliki kesulitan teknis, termasuk produksi produk yang rendah.
Baterai sel tunggal super
Dibandingkan dengan baterai tradisional yang ada, baterai 4680 memiliki efisiensi yang lebih tinggi, keamanan yang lebih tinggi, dan biaya yang lebih rendah, dan karenanya biasanya disebut sebagai baterai supercell.
Berat baterai 4680 hanya 70% hingga 80% dari paket lunak yang serupa atau baterai prismatik, sambil mempertahankan kepadatan energi yang sama, yang berarti rentang mengemudi yang lebih lama.
Itu tidak memerlukan modul terpisah, memungkinkan untuk sistem manajemen baterai yang lebih sederhana (BMS) dan karenanya lebih aman.
Namun, orang dalam industri mengatakan bahwa baterai silindris manufaktur yang berisi komponen -komponen utama seperti katoda, anoda, elektrolit, dan pemisah merupakan tantangan.Analis mengatakan bahwa mungkin diperlukan setidaknya 10 tahun bagi kendaraan listrik untuk mengkomersialkan sepenuhnya 4680 baterai.
Persaingan yang intens
Karena jarak baterai solid-state, produsen baterai bersaing untuk mengembangkan 4680 baterai.
Samsung SDI berencana untuk memulai produksi massal 4680 baterai dari tahun depan, satu tahun lebih awal dari rencana awal 2026.
Samsung SDI saat ini memproduksi 2170 dan 1865 baterai silindris untuk smartphone dan perangkat elektronik kecil lainnya.
SK On adalah anak perusahaan dari SK Innovation, perusahaan energi terbesar di Korea Selatan, yang mengoperasikan kelompok kerja yang dipimpin langsung oleh CEO untuk mengembangkan baterai 4680 sendiri.
Panasonic Holdings Corp sebelumnya telah menyatakan bahwa ia akan mulai memproduksi 4680 baterai tahun ini, dan sekarang perusahaan telah menetapkan 2025 sebagai tahun target untuk produksi skala besar.
Pejabat industri telah menyatakan bahwa CATL Tiongkok, yang dikenal dengan baterai LPF (lithium Iron Phosphate) berbiaya rendah, juga mengembangkan baterai 4680.Namun, karena tantangan teknologi, mengembangkan baterai baru dapat memakan waktu lebih lama dari para pesaingnya.
Orang dalam industri berkata, "Jika perusahaan baterai Korea Selatan memimpin dalam mengembangkan generasi baru baterai, mereka akan memiliki keuntungan besar dalam menarik sejumlah besar BMW, Mercedes Benz dan mobil lain yang menggunakan baterai prismatik yang diproduksi di Cina